Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mail Merge dari Microsoft Excel Ke Microsoft Word (membuat banyak surat)

Daftar Isi Konten [Tampil]

    Mail Merge Mengunakan Database Microsoft Excel

    Mail Merge, yaps dari makna katanya saja dapat kita simpulkan menggabungkan surat, lalu apa maksud menggabungkan surat disini.
    sebagai contoh mail merge adalah kita mau membuat undangan ke 1 kampoeng atau ke 1000 orang misalnya, apakah kita harus membuat 1000 undangan, padahal format undangan kita sama yang membedakan hanya namanya saja. mungkin problem ini sudah di perkirakan oleh pihak microsoft dengan menghubungkan antara Microsoft Office dengan Microsoft Excel sebagai database nya atau data masukkannya.
    Bagaimana Menghubungkan Microsoft Excel ke Microsoft Word ???
    ikuti step by step langkah berikut ini:
      Mail Merge Mengunakan Database Microsoft Excel
    1. Siapkan Format Surat kita
      co :  Kepada Yth......
    2. buka microsoft excel siapkan nama yang akan kita beri undangan
      co : gunakan baris pertama sebagai judul

    kemudian simpan format excel nya.

    3. kembali ke microsoft office word yang tadi
    Mail Merge Mengunakan Database Microsoft Excel
    pilih a.pada tools maillings pilih start mail merge b.step by step mail merge wizard 
    langkah c. next : starting document


    Mail Merge Mengunakan Database Microsoft Excel

    d. next : select recipient

    Mail Merge Mengunakan Database Microsoft Excel
    e. browse
    Mail Merge Mengunakan Database Microsoft Excel

    f. langkah terakhir menghubungkan microsoft office dengan microsoft excel

    Mail Merge Mengunakan Database Microsoft Excel
    memilih tempat drive kita menyimpan data excel tersebut
    kemudian klik open

    setelah terhubung klik ok

    maka tools mail merge kita sudah aktif
    Mail Merge Mengunakan Database Microsoft Excel
    Kepada Yth..... tadi kita isi dengan Insert Merge Field dengan judul seperti di microsoft excel kita yang sudah kita beri judul nama tadi.
    Maka hasilnya menjadi Yth <<nama>>

    Mail Merge Mengunakan Database Microsoft Excel
    Klik Preview Results untuk melihat hasilnya.
    Selamat Mencoba !!!Mail Merge Mengunakan Database Microsoft Excel
    Ikatlah Ilmu dengan menulisnya.










    1 komentar untuk "Cara Mail Merge dari Microsoft Excel Ke Microsoft Word (membuat banyak surat)"